Home » , » Mengenal Kitab Allah

Mengenal Kitab Allah

Written By Umi Hs on Tuesday, 17 April 2012 | 08:21

Apakah kamu rajin membaca Al Quran? Sebelum Al Quran diturunkan, Allah telah menurunkan beberapa kitab lainnya. Seluruh kitab Allah yang telah diturunkan kepada para Rasul wajib kita imani. Beriman kepada kitab Allah berarti meyakini bahwa kitab tersebut merupakan kitab Allah serta mengamalkan ajaran yang ada di dalamnya.

Kitab Allah merupakan wahyu Allah yang diturunkan kepada para Nabi dan Rasul melalui perantara Malaikat Jibril dan telah dibukukan. Tujuan diturunkannya kitab Allah adalah untuk memberipetunjuk kepada umat manusia dan kelestarian alam semesta. Dengan mengamalkan ajaran yang ada dalam kitab Allah diharapkan dunia akan tenteram dan manusia akan bahagia di dunia dan akhirat.
Wahyu Allah yang diturunkan kepada para Rasul Allah banyak jumlahnya, namun yang wajib kita ketahui ada 4 kitab Allah, yaitu:
1.      Kitab Zabur. Diturunkan kepada Nabi Dawud dalam bahasa  Qibti, ditujukan untuk Bani Israil. Keterangan turunnya kitab ini bisa dibaca dalam Al Quran surat An Nisa ayat 163.
2.       Kitab Taurat. Diturunkan kepada Nabi Musa dalam bahasa Ibrani, diperuntukkan bagi Bani Israil. Firman Allah yang menjelaskan tentang turunnya kitab ini terdapat dalam surat Al Maidah ayat 43 dan 44.
3.       Kitab Injil. Diturunkan kepada Nabi Isa dalam bahasa Suryani, diperuntukkan bagi Bani Israil. Allah telah berfirman dalam AlQuran mengenai adanya itab Injilsebelum Al Quran diturunkan, yaitu dalam surat  Al Maidah ayat 46.
4.       Kitab Al Quran. Penerima kitab tersebut adalah Nabi Muhammad. Kitab ini diturunkan dalam Bahasa Arab. Al Quran diturunkan sebagai kitab terakhir bagi seluruh umat manusia.
Selain kitab-kitab tersebut, Allah juga menurunkan wahyu kepada para rasul namun tidak dibukukan atau masih berupa lembaran-lembaran. Wahyu Allah yang tidak dibukukan dinamakan suhuf, artinya lembaran-lembaran. Rasul penerima suhuf adalah Nabi Ibrahim dan Nabi Musa.
Seluruh kitab Allah memiliki kesamaan inti ajaran, yaitu tentang ketauhidan. Ajaran tauhid menerangkan bahwa Tuhan yang wjib disembah oleh manusia hanyalah 1, yaitu Allah. Ia tidak beranak dan tidakdi peranakkan, tak ada sesuatu pun yang menyamainya. Adapun yang membedakan isi dari masing-masing kitab adalah tentang syariat atau ajaran peribadatan umat manusia dan tentang hukum kehidupan. Ajaran-ajaran tersebut dibedakan dengan tujuan untuk disesuaikan dengan zaman dan kondisi umat yang menerimanya.
Al Quran diturunkan paling akhir sebagai penyempurna kitab-kitab terdahulu. Seluruh ajaran yang ada dalam kitab terdahulu semuanya telah tertulis di dalam Al Quran. Dengan turunnya Al Quran berarti telah menghapus ajaran-ajaran terdahulu dan menjadikan Kitab Al Quran sebagai satu-satunya kitab yang wajib dipedomani. Isi dari kita-kitab sebelum Al Quran telah banyak yang dirubah oleh manusia. Sementara Al Quran akan tetap terjamin keasliannya sampai akhir zaman. Allah telah berfirman bahwa Al Quran akan selalu terjaga keasliannya.
Membaca Al Quran merupakan ibadah dan setiap ayat yang kita baca akan mmberikan syafaat di akhirat nanti. Membaca Al Quran hendaknya dengan tartil dan fasih, sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Sedangkan mengamalkan ajaran yang ada dalam Al Quran merupakan kewajiban seluruh umat I.slam. Dengan mengikuti ajaran Al Quran maka kita akan selamat dunia akhirat
Share this article :

1 comment:

  1. Assalamualaikum, saya suka templatenya... bener-bener fresh... heheh

    ReplyDelete

Hai, terimakasih telah membaca tulisan di atas. Jika ada yang ingin disampaikan jangan ditunda-tunda lagi, mulailah menuliskan tanggapan, pertanyaan, kritik, dan saran Anda sekarang. Terimakasih ;-)

 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template